PROFIL PDAM TAKALAR

Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Kabupaten Takalar merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah Kabupaten Takalar yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor 15 Tahun 2003 tentang Perusahaan Daerah Air Minum.Sejarah berdirinyaPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Takalar yang bermula dari Badan Pengelola Air Minum (BPAM) didirikan pada tanggal 12 Desember 1980 dan mulai beroperasi pada bulan Juli 1981. Tahun1991 Menteri Pekerjaan Umum menyerahkan pengelolaan BPAM kepada PDAM dengan keputusan Nomor: 665/KPTS/XII/1991 tanggal 12 Desember 1991. Pada tahun 1993, PDAM Kabupaten Takalar mendapat pengesahan dari Gubernur Kepala  Daerah Tingkat I Provinsi Sulawesi Selatan dengan keputusan Nomor SK.547/VIII/1993 yang  diundangkan dalam Lembaran Daerah KabupatenTakalar Nomor 10 tahun1993 seri D Nomor 5 tanggal 8 September 1993, dan saat ini PDAM Takalar menjadi PERUMDA sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan Bentuk Hukum Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Takalar Menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Panrannuangku Kabupaten Takalar.

Secara garis besar daerah operasional PDAM Takalar terdiri dari 6 unit wilayah pelayanan  yaitu sbb :

  1. Unit Pelayanan Pusat Pattallassang (melayani wilayah kec. Kota pattallassang, sebagian wilayah kec. Mappakasunggu bagian selatan, dan sebagian kecil wilayah Polut bagian selatan)
  2. Unit Pelayanan IKK Polut (melayani wilayah kecamatan polongbangkeng utara)
  3. Unit Pelayanan IKK Galesong (melayani wilayah kec. Galesong selatan, kec. Galesong utara, dan kec. Galesong kota)
  4. Unit Pelayanan IKK Sanrobone (melayani wilayah kec. Sanrobone, dan sebagian wilayah kec. Mappakasunggu bagian barat)
  5. Unit pelayanan IKK Mangarabombang (melayani wilayah kec. Mangarabombang, sebagian wilayah Pololgbangkeng selatan bagian timur, dan  sedikit wilayah Kec. Pattallassang)
  6. Unit pelayanan IKK Polsel (melayani wilayah kec polongbangkeng selatan)

Area operasional pelayanan PDAM Kab. Takalar, sampai dengan akhir tahun 2023 telah menjangkau  seluruh kecamatan  yang ada di Kabupaten Takalar, yaitu total 9 kecamatan. Walaupun begitu jangkauan pelayanan pipa jaringan distribusi PDAM Takalar belum sepenuhnya melayani setiap desa/kelurahan yang ada di wilayah 9 kecamatan tersebut. Dari total 100 desa dan kelurahan, PDAM Takalar hanya melayani 70 desa/kelurahan

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN PERUSAHAAN

 VISI

Terdepan dalam pelayanan dan menjadi perusahaan yang mandiri, sehat, mampu mensejahterakan karyawan serta menjadi kebanggaan warga “Butta panrangnuangku”.

MISI

Sedangkan misi yang diemban oleh PDAM Kabupaten Takalar saat ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kinerja perusahaan menuju pelayanan berorientasi 4 K
  2. Mengoptimalkan SPAM yang ada.
  3. Meningkatkan dan memelihara ketersediaan pasokan air baku.
  4. Meningkatkan cakupan pelayanan air minum.
  5. Meningkatkan kompetensi dan motivasi kerja PDAM.

Masing-masing Misi diatas menunjukkan :

Misi nomor 1 dan 2 menunjukkan keinginan Perusahaan untuk meningkatkan  pelayanan baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan terhadap pelanggan PDAM Takalar.

Misi nomor 3 dan 4 menggambarkan maksud PDAM Takalar yang mempunyai keinginan kuat untuk meningkatkan cakupan pelayanan dan mempermudah akses layanan air minum untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Takalar.

Misi nomor 5 merupakan perwujudan dan keinginan perusahaan yang kuat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik (standart PDAM).

Sedangkan tujuannya adalah :
Untuk memberikan arah pelaksanaan kegiatan peningkatan pelayanan air minum agar sejalan dengan Visi dan Misi PDAM;

Untuk memudahkan evaluasi kegiatan yang ditetapkan dan memudahkan penyusunan program baru yang dapat mengakomodasi deviasi yang terjadi.

 

Tujuan

Tujuan yang dimaksud dalam hal ini merupakan penjabaran dari pernyataan Misi dan merupakan hasil akhir yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu.  Berdasarkan Misi di atas PDAM Kabupaten Takalar mendefinisikan tujuannya sebagai berikut :

Misi : Meningkatkan Kinerja Perusahaan
Tujuan : Meningkatkan profitabilitas Perusahaan dengan cara optimalisasi pe ndapatan dan efisiensi biaya.

Misi : Mengoptimalkan SPAM yang ada
Tujuan : Mengoptimalkan jaringan dan instalasi yang sudah ada dan mengurangi tingkat kehilangan air untuk penambahan cakupan pelayanan.
Meningkatkan kuantitas, kualitas dan kontinuitas dalam rangka optimalisasi terhadap SPAM yang ada.

Misi : Meningkatkan ketersediaan air baku
Tujuan : Dalam rangka pemenuhan penambahan cakupan pelayanan di semua sistemunit IKK ,PDAM perlu melakukan alternatifpenambahan sumber air baku, dan memelihara stabilitas penggunanaan sumber  yang saat ini telah dimanfaatkan oleh PDAM.
Ketersediaan sumber produksi baru untuk pengembangan cakupan peyang telah ada layanan air minum.

Misi : Meningkatkan Cakupan Pelayanan Air Minum
Tujuan : Menambah jumlah pelanggan atau meningkatkan cakupan pelayanan dengan pencapaian kualitas, kuantitas kontinuitas dan keterjangkauan

Misi :  Meningkatkan kompetensi dan motivasi kerja PDAM
Tujuan : Menciptakan SDM yang terampil, terlatih dan handal serta mampu melaksanakan kebijakan perusahaan.
Meningkatkan dedikasi dan loyal itas pegawai terhadap Perusahaan.